Penipuan Modus Baru Di Marketplace

webhosting
460 tayangan
diinformasikan 28 Nov 2015 dalam Penipuan Oknum Seller FJB oleh Syahruk

Lanjutan dari Ini Dia Penipuan Modus Baru Di Tokopedia,Bukalapak Dan OLX

Pada kasus tersebut, seller menghack dan membuat testimoni palsu yang seolah-olah memang ditulis korban. Buat kalian yang masih bingung kenapa penipuan ini bisa terjadi, padahal di marketplace dengan sistem yang digunakan X sudah cukup terjamin keamanannya? Ok, saya permudah.

Hal utama yang paling mencurigakan dari awal adalah harga Blackberry Passport yang cuma 5.3 juta, padahal harga aslinya masih di kisaran 8 - 9,5 juta.


Diskusi yang dilakukan via marketplace itu normal. Penjual berbincang-bincang dengan pembeli mengenai stock barang, ready atau nggak.


Saat sudah deal, dan pembeli melakukan pembayaran via transfer ATM bank BCA, ini juga masih normal. Proses pembayaran inilah yang biasanya dijamin keamanannya oleh marketplace, karena dana yang ditransfer bukan langsung ke penjual, tapi melalui marketplace dulu. Dana akan ditahan oleh marketplace sampai barang telah diterima oleh pembeli, barulah dana tersebut diteruskan ke penjual.


Konfirmasi pembayaran yang diterima oleh marketplace. Ini juga normal. Tahap selanjutnya adalah marketplace melakukan konfirmasi juga ke penjual bahwa dana telah diterima, dan agar penjual segera mengirimkan barangnya ke pembeli.


Pesan pribadi dari “Cs Hidayat”. Nah ini yang aneh. Seorang CS mengirimkan pesan pribadi sampai pada jam 21.46 WIB adalah hal yang sangat aneh. Dari tata bahasa yang dipakai saat chatting juga aneh jika kalian lihat dengan seksama. Dari data yang diminta? Lebih aneh lagi. Ga mungkin dong marketplace ga tau email yang dipakai oleh pembeli. Apalagi cuma buat kirim voucher. Harusnya fitur ini ada di dalam marketplace, ga perlu kirim-kirim email (CMIIW).


Trus gimana cara penjual hack akun pembeli untuk mengkonfirmasi penerimaan barang? Email yang dikirim oleh CS Hidayat berisikan link palsu. Link tersebut adalah “senjata” dari penjual untuk hack data login ID dan password si pembeli, yang digunakan untuk log in ke marketplace.

Setelah ini, semua proses dilakukan oleh penjual, termasuk konfirmasi penerimaan barang dan review. Penjual menggunakan ID korban untuk mengkonfirmasi penerimaan Blackberry Passport, agar marketplace segera mengirimkan dana ke rekening penjual.

Semoga penjelasan saya di atas cukup untuk mempermudah kasus ini agar bisa lebih dimengerti dengan baik. Disini bukan 100% salah marketplace. Sistem yang disediakan oleh marketplace saat ini memang sistem yang cukup aman untuk transaksi secara online. Di Bukalapak pun diterapkan sistem yang kurang lebih sama. Penipu, ada dimana-mana, tidak dapat dihindari. Pembeli juga harus lebih berhati-hati. Jangan mudah tergiur dengan harga barang yang murah, justru barang terlalu murah lah yang harus di-waspadai. Hati-hati juga saat menerima link yang mencurigakan, jangan asal klik.

Sumber : keepo.me (Hot News), dengan beberapa perubahan penulisan.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 233 tayangan
0 tanggapan 445 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...