Modus Penipuan Baru Tawarkan Mobil Murah Lewat Lelang

webhosting
842 tayangan
diinformasikan 28 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Syahruk
BALIKPAPAN-Berbagai macam penipuan sempat marak di Kota Minyak. Mulai dari modus mama minta pulsa, pengumuman pemenang kuis, gendam, hadiah bank dan masih banyak lainnya. Saat ini ada modus penipuan terbaru yang harus diwaspadai, yakni penawaran kendaraan yang akan dilelang dengan harga super miring.
“Harga yang ditawarkan baik mobil maupun sepeda motor benar-benar miring, jadi siapa yang nggak kepengen ikutan lelang,” kata warga komplek BDS 2, sebut saja Baim. Belum lama ini, Baim menerima telepon dari seorang yang
 mengaku rekannya yang dinas di Polda. Nomor teleponnya +6281239575206. “Masih ingat saya, yang dinas di Polda Balikpapan itu loh. Masa lupa.

Aku Aman, inget nggak,” kata Baim menirukan telepon yang diterimanya jelang Maghrib. Baim mengaku curiga, karena orang yang mengaku Aman itu menyebut Polda Balikpapan, bukannya Polda Kaltim. Tapi karena penasaran ia pura-pura mengaku mengenalnya. Tanpa basa-basi, Aman mengatakan maksud dirinya menelepon. “Gini mas, Polda baru saja menyita banyak mobil dan sepeda motor.

Barang sitaan itu sudah diserahkan ke Kantor Lelang Balikpapan dan sudah 2 hari lelangnya berjalan. Nah kebetulan hasil lelang sampai sekarang ini, masih banyak mobil dan motor yang belum ada peminat. Jadi saya tawarkan ke sampeyan,” kembali Baim meniru penawaran Aman. Aman, sebut Baim, mengirimkan SMS berisi daftar sejumlah mobil dan sepeda motor lengkap dengan harga dan unit kendaraan yang masih tersisa untuk dilelang.

Toyota New Fortuner G. TG. LUX 2,5 cc. A/T TRD Sportivo misalkan, harga lelangnya dibuka dengan hanya Rp170 Juta, mobil ini tersedia 8 unit. (selengkapnya list harga lihat boks, Red). Di pasaran, harganya pasti di atas Rp350 juta. Begitu pula sepeda motor, Vario Techno baru seharga Rp15 jutaan, lewat lelang harganya dibuka mulai Rp6,5 juta.
“Si Aman itu mengaku jika semua kendaraan tadi keluaran tahun 2012 dan 2013,m kondisinya 90 persen dijamin masih bagus, STNK dan BPKB ada. Tak hanya itu, jika mendaftar lelang lewat dia, maka akan ada bonus balik nama,” lanjut Baim. Jika berminat, sambungnya lagi, dia hari itu juga akan menelepon ketua lelang untuk mengamankan kendaraan mana yang akan diambil.
Hanya saja ada syaratnya, ada uang pendaftaran lelang yang harus segera ditransfer saat itu juga. Keanehan muncul, ketika diminta untuk menunjukkan langsung mobil yang dimaksud ke Kantor Lelang, Aman berdalih karena lelang ini terbatas untuk orang tertentu saja, maka kendaraan baru bisa dilihat setelah uang pendaftaran lelang ditransfer. Keanehan lainnya, Aman tidak bersedia menyebutkan pangkat serta jabatannya di Mapolda.
“Untuk bisa ikut lelang, penawar harus transfer uang seharga kendaraan pada list yang dikirimkan tadi. Nanti saat lelang, dia yang akan menjamin tidak akan ada penawar lain sehingga otomatis kendaraan tadi jatuh ke tangan kita,” ujar Baim. Kepada Aman, Baim meminta waktu untuk menelepon keluarganya agar segera mengirim uang untuk ikut lelang.

Kesempatan itu ia gunakan untuk mengecek ke Kantor Lelang apakah memang benar ada lelang terbatas dengan harga yang begitu miring. Ternyata hasilnya nihil. Ketika si Aman menelepon, Baim tegaskan untuk melihat dulu barangnya dan uang kuserahkan cash empat mata.
Ternyata si Aman menolak dan menutup telepon. “Ya udah, kalau gak percaya, aku cari penawar lain aja. Ini kesempatan emas, tapi anda melewatkannya begitu saja,” kata Baim kembali menirukan penawaran Aman yang langsung menutup telepon.

Sumber http://www.polresbalikpapan.com/2013/11/modus-penipuan-baru-tawarkan-mobil.html
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 351 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...