Cara Mudah Kenali Dan Cek Reputasi Toko Online di Instagram

webhosting
2,302 tayangan
diinformasikan 28 Nov 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Syahruk

Kemudahan berbelanja secara online kian memanjakan para pengguna dunia maya untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan dengan hanya sekali “klik”. Bahkan, melalui ponsel pintar di genggaman yang berbasis Android, Windows Phone ataupun IOS, Anda dapat menemukan beragam toko online di Instagram. Mulai dari yang termurah hingga yang termahal, bekas hingga baru, serta produksi lokal maupun mancanegara semua tersedia, tinggal menyesuaikan kebutuhan serta kemampuan finansial yang Anda miliki.

Banyaknya pilihan toko online di Instagram yang tersedia dan juga maraknya modus penipuan mengharuskan Anda untuk cermat dan teliti dalam memilih toko onlie yang hendak ditujua. Ada beragam cara yang dapat digunakan untuk menentukan dan melihat kredibilitas suatu toko online. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengecek akun jualan di Instagram yang dapat dipercaya agar Anda terhindar dari penipuan yang merugikan:

Cek kualitas dan harga
Sama halnya dengan di dunia nyata, menjadi calon pembeli di toko online Instagram pun juga harus jeli dan cermat terutama dalam hal pengecekan harga dan kualitas barang. Untuk mengecek harga ini, Anda dapat membandingkan harga yang dutawarkan dengan harga yang berlaku di pasaran ataupun dengan toko online yang lain. Akan tetapi, biasanya memang sedikit sekali toko online yang memasang harga pada gambar yang diunggah dan hanya mencantumkan kontak untuk dihubungi. Hal ini biasanya memang sengaja dilakukan oleh penjual untuk mengetahui calon pembeli yang memang serius ingin bertransaksi. Selain itu, hal tersebut umumnya juga berkaitan untuk menjaga persaingan harga antara online shop yang satu dengan yang lainnya.

Cek pengikut
Selain mengecek beberapa hal di atas, memeriksa jumlah pengikut di sebuah akun intagram toko online yang hendak dituju juga penting. Tidak hanya kalangan artis saja yang umumnya memiliki pengikut banyak di instagram, tetapi sebuah toko online pun jika memiliki pengikut yang banyak atau populer, maka akan semakin mengukuhkan kepercayaan orang terhadapnya. Akan tetapi, Anda juga jangan lantas terbuai dengan pengikut yang terbilang banyak. Cek lagi para pengikutnya tersebut untuk memastikan bahwa akun-akun yang ada memang benar-benar ada. Jika Anda mendapati kebanyakan pengikutnya adalah nama-nama asing (orang bule) ataupun akun anonim yang jarang beraktivitas di Instagram, maka patut dicurigai bahwa toko online tersebut sengaja melakukan pengisian pengikut. Hal ini dikarenakan pengikut yang banyak akan menunjukkan bahwa toko online tersebut menarik.

Cek endorser
Dalam dunia pertokoan online di Instagram, terdapat istilah endorsement yang memanfaatkan orang-orang terkenal (misalnya artis) yang mengajak untuk memakai barang atau produk yang mereka gunakan. Sederhananya, ini semacam iklan untuk menarik calon pembeli terhadap produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Jika Anda menemukan banyak endorser terkenal yang digunakan oleh toko online yang hendak dituju, maka dapat dikatakan bahwa toko online tersebut cukup dapat dipercaya

Cek testimoni
Untuk beberapa waktu, Anda memang dituntut untuk menjadi semacam penguntit akun yang hendak Anda tuju. Salah satunya adalah rajin melihat dan mengecek komentar atau testimoni dari pembeli sebelumnya yang terdapat pada setiap foto-foto yang diunggah. Dari komentar-komentar yang ada, akan didapatkan gambaran umum tentang produk yang akan dibeli dan juga reputasi toko online tersebut.

Selain beberapa hal di atas, masih banyak lagi cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek reputasi sebuah toko online di Instagram. Anda dapat mencoba menghubungi si penjual melaui nomor-nomor kontak yang tertera baik melalui Whatsapp, Line, BBM, ataupun nomor Hp penjualnya. Toko online yang bereputasi baik tentunya akan mengedepankan kenyamanan layanannya terutama dalam hal pemberian respon yang cepat. Jika Anda tidak mendapat respon atau respon yang diberikan terlalu lama, Anda dapat segera mencari toko online pengganti.

Di samping itu, mencari tahu keaslian produk yang hendak dibeli juga selayaknya Anda lakukan. Anda dapat memanfaatkan koneksi internet untuk mengetahui ciri-ciri produk yang berkualitas baik, termasuk untuk membedakan produk asli dan tiruan. Menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan akan semakin membuat Anda yakin dan memiliki banyak pertimbangan matang sebelum membeli. Juga, hal ini untuk menghindarkan Anda dari modus dan praktik penipuan yang tidak bertanggung jawab.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 258 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...