Modus Penipuan Baru Berkedok Meluluskan Sertifikasi Guru

webhosting
102 tayangan
diinformasikan 2 Des 2015 dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh salfarsingh

Ketua Pelaksana Sertifikasi Guru Rayon III Universitas Negeri Yogyakarta Sunaryo Soenarto mengingatkan kepada para guru agar tidak menjadi korban penipuan dengan modus sertifikasi guru.

Ia mengemukakan, hingga Kamis (8/9) lalu, sekurangnya sudah ada enam guru yang datang ke P3AI (Pusat Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional) Universitas Negeri Yogyakarta untuk melakukan klarifikasi permintaan transfer sejumlah uang untuk mengurus kelulusan PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru).

Sunaryo mengemukakan modus yang dikembangkan si penipu adalah menghubungi guru peserta PLPG melalui telepon sekolah. Dalam telepon tersebut, si penipu menyatakan guru yang disebut namanya itu diminta segera menghubungi panitia PLPG melalui nomor ponsel yang disebutkan untuk membicarakan kelulusan PLPG.

"Orang yang nomor ponselnya disebut itu mengaku bernama Sunaryo Soenarto. Si Sunaryo Soenarto palsu ini kemudian meminta guru tersebut untuk menyetor sejumlah uang agar bisa memenuhi standar kelulusan, sebab kalau mengikuti ujian ulang akan semakin sulit. Karena itu, membayar sejumlah uang akan memudahkan upaya meluluskan," katanya.

Ia menambahkan, dalam pembicaraan, orang yang mengaku Sunaryo Soenarto itu meminta transfer dana yang berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta.

"Uang yang disebut uang jasa pengurusan itu diperintahkan untuk ditransfer bank dengan nomor rekening bank antara lain Bendahara Penerima Dirjen Dikti atas nama Novita Sari di Bank Mandiri Jakarta atau Bendahara Penerima Dirjen Dikti atas nama Topik Sumarno di Bank BRI Jakarta," terangnya.

Dengan munculnya kasus itu, Sunaryo berharap agar guru peserta PLPG tidak mudah percaya dengan telepon yang mengatasnamakan dirinya atau PSG UNY untuk membantu kelulusan dengan meminta sejumlah uang.

Ia menyebutkan pengumuman kelulusan hasil PLPG Rayon III UNY tidak disampaikan orang per orang.

Namun, sesuai dengan prosedur, pengumuman disampaikan dengan mengundang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-DIY baru disampaikan hasilnya.

"Setelah itu baru disampaikan pengumuman melalui website di www.sertifikasiguru.uny.ac.id yang bisa dilihat siapa pun," katanya. (AU/OL-10).


Pakdhe' Tole' : Ngatos-atos Bapak/Ibu Guruku, mudah-mudahan tidak ada satupun yang kena penipuan yang semakin merajalela. Yang senengnya menipu mudah-mudahan tobat daripada sengsara dunia akhirat...

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...