Ciri-Ciri Modus Penipuan Yang Sering Terjadi Di OLX

webhosting
9,419 tayangan
diinformasikan 12 Des 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Waspadapenipu

Siapa saja yang mengenal dunia Jual Beli di Internet , pasti mengenal Situs Toko Bagus.com yang sekarang berubah nama menjadi OLX.com . Situs ini memang terkenal dan sangat terkenal . Disamping mudah di fahami , situs ini pun terbilang lengkap dengan berbagai macam jenis barang yang di tawarkan atau di jual oleh berbagai orang di seluruh dunia terkhusus orang-orang dari Indonesia . Tapi siapa sangka ternyata semakin hari semakin situs ini di kenal banyak orang ,.. Situs ini kini JUSTRU menjadi sasaran dan tempat kerja dan bernaung sekian banyaknya para oknum-oknum penjahat tukang tipu menipu . Dan korbannya SUDAH BANYAK sekali .

Sebelum Anda menjadi korban yang kesekian kalinya , alangkah baiknya anda PINTAR duluan dengan membaca artikel ini dari pada di bilang BODOH dan merasa BODOH setelah Anda kena TIPU di situs tersebut dengan mudah . Langsung saja , berikut 9 Poin TERBESAR dan TERSERING Ciri dan Modus Penipuan di Toko Bagus OLX.com yang kerap dilakukan oleh PARA penipu , ciri cirinya dan Modus akal bulusnya . Cermati dan hapalkan poin poin nya . 

1. MEMASANG UMPAN "HARGA MIRING SUPER MURAH" .

90 % orang kena tipu di situ Tokobagus atau OLX karena SEBAB yang satu ini .  Orang Indonesia ?! , siapa sih yang tidak tertarik dengan harga miring alias murah ?! . Kebanyakan masyarakat kita memang sering kali tidak bisa berfikir secara logis . Justru yang di kedepankan EMOSI . Ketika lihat harga murah dan jauh lebih murah di bandingkan dengan harga aslinya , maka langsung di kejar . Inilah orang Indonesia . Dan para penipu di situs OLX toko bagus , mengerti akan hal ini dan mereka justru paling banyak dan paling sering menggunakan trik yang satu ini . Karena mudahnya "umpan"  mereka menjerat orang orang yang mengedepankan emosi sesaat . 

 

Solusi : Selalu kedepankan berfikir logis , baca kembali Cara Terhindar dari Bentuk Penipuan di internet .

2. BARANG YANG DI TAWARKAN BIASANYA GADGET ATAU JENIS ELEKTRONIK 

Ini ciri terbesar dan tersering kedua yang paling banyak memakan korban . Smartphone keluaran teranyar dengan harga yang jauh lebih murah dari aslinya , bisa selisih 30 % bahkan diantaranya lebih dari 50 % , siapa yang tergiur dengan tawaran Bombastis seperti ini ?! . Akal sehat anda di tuntut extra disini , artinya anda harus mengedepakan berfikir logis jangan mengedepankan emosi dan nafsu ambisi sesaat . 

3. NOT VERIFIED MEMBERS . 

Hati-hati para penipu , mereka muncul dan ada secara tiba-tiba . Perhatikan dengan kritis kapan orang tersebut terdaftar di Toko Bagus dan kapan dia jualan . Apakah sudah verified keanggotaan nya ? . Apakah sudah lama menjadi members Toko Bagus OLX ? . Karena seperti kita ketahui situs OLX toko bagus ini mereka tidak menjamin jejualan dari orang yang BELUM di verified oleh mereka sendiri . Dan tukang tipu , biasanya keanggotaan dadakan dengan penawaran barang bombastis yang super murah dan super miring . 

4. DESKRIPSI BARANG DAN FOTO HANYA MENJIPLAK DARI INTERNET

Si penipu tidak mau repot dan susah payah menulis dan mejelaskan barangnya . Bahkan biasanya mereka dengan enteng nya akan mencari referensi data-data terkait jenis barang yang akan dijadikan objek menipunya di situs resmi barang tersebut sekaligus FOTO barang tsb.  Tinggal Copy paste dan sedikit di imbuhi argumen seperti , " barang mulus , fresh , ori dan asli , persediaan terbatas " . Hanya dengan umpan kalimat itu saja, sudah banyak yang jadi korban . Tergiur dengan spesifikasi lengkap dan Foto yang mulus bersih dengan berbagai fose .

5. TIDAK MELAYANI COD (cash on delivery)

Tukang tipu , mana mau dia melakukan COD dengan pembeli , lawong barangnya memang tidak ada . Jikapun ada biasanya dengan menggunakan teknik akal bulusnya  . 

Pertama , si tukang tipu mengaku Tokonya di luar pulau si pembeli misal si pembeli diketahui dari Jawa Barat maka dia akan mengaku dari Bali dan dia akan memenuhi permintaan COD asalkan ke Bali !! . Atau 

Kedua , jikapun ada COD maka si penipu dengan akal bulus nya mempersyaratkan pembelian yang secara real logika bakalan tidak mungkin dilakukan oleh si pembeli  . Misal , " saya bisa COD asalkan pembelian diatas 15 pcs barangnya dengan total harga 17 juta " . Pokoknya bagaimana caranya , agar COD itu tampak mustahil di lakukan oleh si pembeli maka itu yang di bidik oleh tukang tipu . 

6. TIDAK PUNYA TOKO ALIAS FIKTIF 

Jikapun ada , dia si tukang tipu mengaku memliki TOKO , pasti dengan akal bulusnya TOKO tersebut adalah Toko yang sekiranya jauh di jangkau oleh si pembeli . Misal ada di jambi atau di Bali sedangkan domisili dia sendiri orang Bekasi (terlihat dari members nya) , bagaimana mungkin ? Orang yang jualan tapi tokonya jauh entah dimana . Akal sehat mana yang bisa menerima kejanggalan seperti ini ?!. Atau alasan yang paling klasik , dia akan bilang , " Maaf , kita jualan Online jadi kita memang tidak punya Toko " . 

Tukang jualan yang jujur , sekalipun dia tidak memiliki Toko pasti dia akan mencantumkan nama alamat rumah tempat tinggalnya atau minimal jika dia punya website maka dia dengan terbuka akan memberi tahu alamat websitenya kepada anda . 

7. MENAWARKAN PRODUK YANG SAMA DI BANYAK WILAYAH .

Jika kita cermati , apa yang dia jual secara tidak sengaja sama persis dan banyak kesamaannya dengan iklan iklan di wilayah yang berbeda . Dengan bergonta ganti nama members tapi TETAP model jualannya sama , modusnya sama dan kalimatnya sama . 

8. TIDAK MENCANTUMKAN NAMA REKENING BANK DI AWAL PENAWARAN 

Rata-rata Si Penipu di toko bagus , cukup dengan kalimat akhir , " ANDA BERMINAT ? , HUBUNGI NO HP 08**** , PERSEDIAAN TERBATAS , BURUAN !! " . Karena kenapa ? . Karena No. Rekening bank sejatinya bisa di lacak oleh siapapun Identitas pemiliknya dan situasi ini TIDAK STRATEGIS untuk si penipu . 

9. TERUS MENGEJAR KORBAN SI PEMBELI , JIKA SUDAH DI AWALI DENGAN MENGHUBUNGI 

Si Penipu , ketika ada korban yang mencoba menghubungi dia dan si korban tampak bimbang dan ragu . Maka si penipu akan terus mengejar , membujuk dan meyakinkan calon korban sambil sedikit memberikan tekanan bahwa Barang yang di minati korban jumlahnya SANGAT SANGAT TERBATAS dan seolah-olah tinggal si pembeli korban saja kesempatan terakhir untuk mendapatkan barang tersebut . HATI-HATI !! . Kalau Anda menemukan respon seperti ini , berarti 95% dia si penipu ulung yang gentayangan di Toko Bagus OLX . 

Terimakasih.

dikomentari 18 Feb 2016 oleh Nana Suryana
Ada tambahan:
Kini mereka menggunakan bukti nomor2 Resi aspal dan foto2 produknya dibranding dg nama dan no hp si penipu biadab itu...
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 6,217 tayangan
0 tanggapan 412 tayangan
0 tanggapan 333 tayangan
0 tanggapan 219 tayangan
0 tanggapan 123 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...