Ciri – ciri Website Undian Penipuan Dan Cara Melaporkannya

webhosting
570 tayangan
diinformasikan 15 Des 2015 dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh Nhak Gabus

Akhir – akhir ini banyak sekali sms mengenai undian berhadiah, memang dalam beberapa sms itu benar-benar pemberitahuan undian yang legal TETAPI hampir sebagian besar dari semua sms itu adalah PALSU. Maka dari itu kita harus tetap berhati-hati dan kritis terhadap berbagai informasi yang datang meskipun informasi itu terlihat meyakinkan.

Jaman semakin maju dan kejahatanpun semakin berkembang. Sekarang banyak sekali sms undian dengan mengatasnamakan sebuah perusahaan besar dan lengkap dengan alamat website yang membuat orang awam mudah terkecoh karena mereka melihat kode unik yang mereka dapatkan di SMS cocok dengan apa yang ada di website. Namun sayangnya masih banyak orang yang sadar dengan penipuan ini setelah mereka benar-benar tertipu dan kehilangan uang mereka di ATM.

Untuk itu legalitas dan keaslian informasi sangatlah penting untuk diperhatikan sebelum kita melangkah lebih jauh untuk menanggapi SMS undian berhadiah seperti yang sedang marak akhir-akhir ini dengan cara mengenali ciri-ciri/tanda website undian palsu.

Ciri – ciri Website Undian Palsu + Cara Melaporkannya Ciri – ciri Website Undian Palsu + Cara Melaporkannya

sebelum melanjutkan membaca, ada baiknya (bagi yang belum) untuk membaca artikel ini (baca: Ciri - ciri SMS /Telepon Penipuan + Cara Melaporkannya) agar kita dapat dengan mudah membedakan pemberitahuan asli ataupun penipuan yang kita peroleh melalui SMS/Telepon sebelum berlanjut ke pembahasan website undian palsu.

Berikut adalah ciri-ciri/tanda website undian palsu
#Menggunakan alamat website yang panjang /mirip

Perlu diketahui bahwa sekarang sangat mudah untuk orang awam sekalipun untuk membuat website mereka sendiri tanpa perlu belajar bahasa pemrograman, kita hanya perlu mendaftar dan memilih layout, selanjutnya blog/website akan jadi dalam sekejap dan itu semua tidak dikenakan biaya alias GRATIS.
Contoh alamat website gratisan /mirip: 
www.poinplusplus.blogspot.com 
www.gebyarindosat2015.wordpress.com
www.mtronikhadiah.jimdo.com
kejutanpopmie2015.webs.com 
www.pemenang-mkios.tk
www.mkiospt.com
www.tricareindonesia.com


 Ini adalah contoh nyata dari website undian berhadiah yang PALSU:
www.mkiospt.com/

Teman-teman bisa mempelajari dan mengenali ciri-ciri website palsu dari contoh nyata diatas, bila kalian masih dapat mengakses alamat tersebut berarti website tersebut belum ada yang melaporkan dan masih aktif.

#Memiliki desain /tampilan yang kurang artistik

Website merupakan representasi suatu perusahaan atau bisnis terhadap para konsumen maupun relasi di dunia maya. Salah satu aspek yang sangat penting dari sebuah website adalah desain /tampilan. Tidak heran kalau perusahaan-perusahaan besar ini mengganggarkan uang yang tidak sedikit untuk membuat website yang ideal bagi perusahaannya. Bila kita bandingkan website perusahaan besar dengan website abal-abal atau gratisan, kita akan menemukan banyak sekali perbedaan mendasar terutama pada bagian desain /tampilan.


Contoh desain /tampilan yang kurang artistik:

  • Menggunakan perpaduan warna yang sangat kontras dan tidak enak dipandang, seperti menggunakan warna kuning /hijau /merah dalam sebuah paragraf.
  • Penggunaan gambar atau logo yang terlihat dipaksakan. Logo akan terlihat pecah bila di zoom. Atau terlihat terpotong di beberapa bagian.
  • Menggunakan logo sebagai background website. Yang sebetulnya sangat mengganggu kita dalam membaca tulisan yang ada.
  • Menggunakan huruf-huruf yang tebal /huruf besar hampir di semua tulisan.
  • Hanya tersedia beberapa halaman atau bahkan hanya satu halaman utama dimana semua informasi ditumpahkan disana.

#Memajang Foto orang-orang penting (Pejabat/Artis)

Ini adalah salah satu trik yang menurut kami sedikit kreatif karena dengan memajang foto orang-orang penting seperti pejabat-pejabat negara yang berhubungan dengan bisnis tersebut atau bahkan foto pendiri ataupun direktur utama /CEO dari perusahaan yang sedang dipakai nama perusahaannya.
Contoh orang-orang yang sering digunakan fotonya oleh para penipu:
Menteri Telekomunikasi
Menteri Sosial
Menteri Perindustrian
Kapolri, CEO
Direktur Utama Perusahaan
Artis
Dll.
#Memajang Testimoni dari orang-orang yang (seperti) telah menerima hadiah

Satu lagi yang membuat orang awam percaya bahwa sebuah website benar-benar asli adalah testimoni /pengalaman dari orang-orang yang (sepertinya) telah menerima hadiah. Pada kenyataannya semua itu hanyalah rekaan karena meskipun kita dapat melihat nama, nomor telepon, dan foto orang-orang yang diwawancarai / memberikan testimony, bukan berarti itu adalah benar-benar pengalaman mereka karena sekarang ini mendapatkan foto dan data orang lain yang (bahkan) tidak kita kenal sangatlah mudah, jadi jangan mudah percaya.
Contoh kata-kata testimony pada website penipu:
“Awalnya saya tidak percaya…”
“Alhamdulillah sekarang saya dapat menggunakan motor untuk berbelanja…”
“Lumayan lah buat nambah uang jajan..”
“Terimakasih! Mobilnya sudah sampe rumah..”
“Beberapa hari setelah transfer pajak, motornya sampai rumah juga..”
Dll.
#Memajang Kode Unik yang disesuaikan dengan kode yang anda terima di SMS

#Memajang Alamat dan Nomor Telepon Kantor

Dan masih banyak lagi kejanggalan lainnya.

 

dikomentari 26 Mei oleh widodo.
Inilah yang menjadi ciri" orang malas kerja. Yang ada di otaknya hanya bagaimana caranya menipu untuk mendapatkan uang.  SEHARUSNYA ANDA SADAR WAHAI PARA PENIPU... Uang yang dimakan oleh anak dan istri kalian tidak mendapat berkah....
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...