Cara Mencegah SMS Penyedot Pulsa

webhosting
180 tayangan
diinformasikan 15 Des 2015 dalam Penipuan Via SMS oleh Dharmin

Cegah Penguras Pulsa dengan Abaikan SMS!

Maraknya penipuan melalui pesan singkat atau SMS yang menguras pulsa semakin meresahkan masyarakat. Bagaimana caranya menghindari penipuan agar pulsa tidak terkuras? Anda para pengguna telepon genggam bisa mengabaikan atau langsung menghapus SMS yang dianggap mencurigakan.

Pesan singkat bernada penipuan masih terus merajalela. Banyak modusnya yang ujung-ujungnya adalah pemotongan pulsa telepon secara semena-mena. Warga yang merasa dirugikan ada yang melapor ke satuan cyber crime Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/10).

Pesan singkat atau SMS seperti ini mungkin sering Anda terima melalui telepon seluler. Isinya menawarkan sejumlah hadiah atau bonus. Namun ujung-ujungnya pulsa Anda justru terkuras. Bahkan total kerugian konsumen mencapai ratusan miliar per bulan.

Seperti yang dialami seorang warga yang menerima SMS penipuan. Ia menerima informasi SMS pemotong pulsa hampir setiap hari. 

Pakar telekomunikasi Ruby Alamsyah menegaskan, pencurian pulsa telepon oleh content provider diketahui oleh operator telepon seluler. "Modus mereka adalah memberikan informasi palsu disertai instruksi lain. Yaitu Instruksinya mendaftarkan ke SMS premium atau content provider. Padahal isi SMS atas informasi lain. Informasi palsu diikuti instruksi menjebak sehingga orang terjebak. Akhirnya terdapat pulsanya. Simpel itu,"kata Ruby.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar mengatakan, Polda Metro Jaya berjanji akan menindaklanjuti kasus ini dengan melibatkan saksi ahli.

"Apakah pihak content provider bisa terkena dengan kasus ini. Tentu harus dapatkan keterangan ahli," ujar Baharudin.

Sejak sepekan lalu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) membuka posko keliling untuk menerima pengaduan pencurian pulsa. Hingga siang ini sudah tercatat ada 502 pengaduan. Pulsa yang dicuri diduga bernilai ratusan miliar rupiah setiap bulan.

Mewakili masyarakat, para mahasiswa berencana mendaftarkan gugatan ke polisi. Para pengguna telepon genggam dapat menghindari pemotongan pulsa dengan cara mengabaikan atau langsung menghapus saja SMS yang mencurigakan.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 196 tayangan
0 tanggapan 154 tayangan
0 tanggapan 415 tayangan
0 tanggapan 5,494 tayangan
1 tanggapan 198 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...