Cara Lapor Ke Disnaker Dan Contoh Surat Pengaduan Ke Disnaker

webhosting
33,702 tayangan
diinformasikan 27 Des 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh Rauf Ardila

Cara lapor ke disnake [Dinas tenaga kerja] Dan contoh format surat laporan ke disnaker-Perselisihan hubungan industrial yang meliputi perselisihan hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dapat diselesaikan dengan melalui dua jalur yaitu melalui pengadilan dan di luar pengadilan. Namun Pasal 3 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2004 (“UU PHI”) tentang Penyelesaian Hubungan Industrial, mengatur bahwa perselisihan hubungan industrial wajib diupayakan penyelesaiannya terlebih dahulu melalui perundingan bipatrit secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila upaya bipatrit gagal, maka salah satu atau kedua belah pihak melakukan pengaduan ke Dinas Ketenagakerjaan.

Kemudian, Dinas Ketenagakerjaan mencatatkan pengaduan tersebut dengan menyediakan formulir pengaduan untuk diisi oleh para pihak. Salah satu atau kedua belah pihak yang mengadukan perselisihannya untuk dicatat oleh Dinas Ketenagakerjaan harus melampirkan bukti-bukti bahwa upaya-upaya penyelesaian bipartit telah dilakukan (Pasal 4 ayat (1) UU PHI). Apabila bukti-bukti sebagaimana dimaksud di atas tidak dilampirkan, maka Dinas Ketenagakerjaan mengembalikan berkas untuk dilengkapi paling lambat 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak tanggal diterimanya pengembalian berkas.

Selanjutnya Dinas Ketenagakerjaan melakukan pemanggilan kepada para pihak untuk menawarkan jalan penyelesaian melalui konsiliasi atau melalui arbitrase. Jika para pihak tidak menetapkan pilihan penyelesaian konsiliasi atau arbitrase dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja, maka instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan melimpahkan penyelesaian perselisihan kepada mediator (Pasal 4 ayat (5) UU PHI).

Penyelesaian konsiliasi melalui Dinas Ketenagakerjan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja, atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh. Sedangkan penyelesaian arbitrase melalui Dinas Ketenagakerjaan dilakukan untuk menangani penyelesaian perselisihan kepentingan atau perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh.

Contoh Surat Pengaduan Ke Disnaker

dikomentari 19 Sep oleh santy damayanti
Selamat sore...saya memang hanya seorang ibu rumah tangga tpi yg mau saya laporkan dsni adalah perusahaan penyedia jasa keamanan ( yayasan security) tempat suami saya bekerja...saya benar" kecewa dengan yayasan itu karena sampai saat ini kekurangan gaji suami saya selama 1 bulan belum juga di bayarkan padahal sejak bulan lalu suami saya dan teman"nya sudah tidak lgi bertugas di wilayah yang sama (salahsatu pusat kegiatan pelatihan olahraga di jakarta)di karenakan tidak di perpanjangnya kontrak kerjasama antara 2 pihak yg bersangkutan.tapi setiap di mintai kejelasan pihak dari yayasan tersebut selalu memberikan janji" palsu...tolong di tindaklanjuti...karena kami hidup butuh biaya bukan butuh janji" palsu..terimakasih
dikomentari 2 Okt oleh Fadli Yunus
Yth.  Bapak/ Ibu Depnaker
saya Fadli yang bekerja di PT. CAKRA SATYA INTERNUSA yang beralamat di City Square Business Park- Blok A-18-21 jalan Peta Selatan- Kalideres Jakarta Barat 11840.
saya melaporkan bahwa saya beserta teman- teman kerja saya hanya diberi upah minimum regional saja untuk jam kerja 12 jam dan saya bekerja sebagai Security di gedung The Energy Lot. 11A Kav. 52- 53 Kawasan SCBD dan saya minta tolong kepada team Depnaker untuk menindak lanjuti hal ini karena Perusahaan tersebut tidak mau membayar 4 Jam kita sesuai peraturan Depnaker.
Terima Kasih.
Bagikan laporan ini

1 Jawaban

dijawab 11 Mar 2016 oleh drajat mulia
Iya Pa saya jg terkena masalah yg sama dari perusahaan INDOMARCO PRISMATAMA.tpi kalo saya tidak diberi pengobatan samasekali malah saya disuruh mengundurkan diri. dg alasan surat dari dokternya sudah kadaluwarsa. Padahal saya operasi dikepala sampai dua kali dan koma Sampai tiga bulan di rumah sakit. Tpi saya ga tau mau mengadu sama siapa? ??negara saya ga peduli sama orang miskin kaya saya.
dikomentari 8 Des 2016 oleh maria barbara
Saya juga design pak dar alfamart karena saya selama bekerja hampir 2 tahun tidak adanya bpjs kesehatan atau ketenagakerjaan dan saya minta paklaring alasan dr hrd dan korwil bejibun mungkin uangnya mau diambil kali , yg jelas saya ga akan iklas ama pihak alfamart hak saya yg tiap bulan dipotong gaji saya malah saya minta hak saya malah  bertele2
dikomentari 11 Jan oleh Widi
selamat pagi pak.. saya karyawan di salah satu ground handling penerbangan di bandara internasional juanda, surabaya.  saya mau lapor pak. bahwa ground handling tempat saya bekerja ini, tidak sesuai dgn peraturan pemerintah. terutama soal gaji karyawan. dan hak sebagai karyawan. disini kita di gaji jauh di bawah UMR. dan tidak ada yg namanya jaminan kesehatan dll. terus gimana ini kelanjutannya pak, tolong kpda pak disnaker surabaya/sidoarjo. ditindak lanjuti laporan saya ini
dikomentari 21 Mar oleh Siska
Selamat siang pak/ibu
Saya mau melapor,  saya heran dengan tempat kerjaan saya.. Padahal dikerjaan saya udh CV tp kenapa gaji dibawah UMR padahal ditempat kerja saya minimal d3 farmasi..
Tolong tindak lanjuti
Thx
dikomentari 23 Mar oleh ratna nuriyatu
Selamat siang bapak/ibu

Saya ingin melaporkan pt arum nirwna global/ AR management setiap pembayaran upah gaji karyawan selalu telat padahal perjanjian disurat kontrak itu 10 hari kerja setelah absen tutup buku . tetapi upah kami dibayarkan bisa sampai 20 hari kerja setelah absen tutup buku .
Karna keterlambatan gaji yg saya terima saya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut tetapi saya masih mempunyai upah gaji gantungan dr sisa kerja saya . pada saat saya kekntor dan menanyakan soal upah gantung tersebut ada saja alasannya yg dikeluarkan . ini lah itulah . mohon sekiranya bapak/ibu menindak lanjuti perusahaan tersebut . terimakasih
dikomentari 15 Jul oleh Dedi hn
Yth Depnaker saya ingin mengadukan ketidak Adilan di PT Lion wings yang mem PHK sepihak atau pemaksaan pengunduran diri di intimidasi sepihak mohon untuk menindak lanjuti permasalahan saya ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 7,499 tayangan
0 tanggapan 408 tayangan
0 tanggapan 3,293 tayangan
0 tanggapan 1,942 tayangan
0 tanggapan 7,649 tayangan
0 tanggapan 19,642 tayangan
0 tanggapan 26 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...