Penipuan Baru dengan modus "Mendapat Hadiah dari Telkomsel"

webhosting
366 tayangan
diinformasikan 27 Des 2015 dalam Penipuan Via SMS oleh Rauf Ardila

Sejak sebelum tahun 2010 sampai saat ini masih banyak penipuan berkedok mendapat hadiah undian Telkomsel poin atau program hadiah lain dari Telkomsel. Biasanya info disampaikan dari sms atau malah ditelpon. Lalu setelah itu pelanggan disuruh ke ATM utk ngecek apakah uangnya yg mereka transfer sudah masuk, padahal di ATM itu justru mereka akan memandu kita utk mengecek saldo lalu mentransfer seluruh uang kita ke rekening mereka.

Penipuan dengan modus undian telkomsel ini biasanya pelaku menghubungi korbannya lewat sms, kadang juga setelah di sms di telpon utk meyakinkan calon korbannya. Dan bbrp tahun terakhir ini di dalam sms-nya si penipu juga membubuhkan alamat website, yg tentunya itu adalah website bikinan si penipu yg nama dan isinya dimirip2kan dg website Telkomsel, hal ini utk lebih meyakinkan calon korbannya. Isi smsnya diantaranya sbb:

"Kejutan Telkomsel! Selamat, Anda mendapat hadiah dari TELKOMSELpoin, Pin Pemenang: MADTNUV, utk info klik www.hadiah-undiantselpoin.blogspot.com"

atau:

"Selamat! No HP Anda Mendapat hadiah Rp.50jt dr TELKOMSELpoin Hub Kantor Pusat 0812584286546 Ir. H. Santono, pin pemenang dapat dilihat di infotelkomselpoin.jimdo.com"

dan lain-lain...

A. Beginilah clue utk membuktikan bahwa mereka penipu atau bukan:
1) Jika mereka meminta nomor rekening, belum tentu penipu krn dulu saat Telkomsel poin ada hadiah tunainya, mereka (petugas Telkomsel) juga minta nomor rekening untuk mentransfer uangnya, namun sudah beberapa tahun terakhir ini Telkomsel poin tidak mengelurkan hadiah berupa uang lagi, mungkin krn maraknya penipuan.
2) Jika mereka meminta kita ke ATM saat itu juga utk mengecek uang, Pasti Penipu! Krn Telkomsel tidak pernah meminta kita ke ATM, tapi setelah kita memberi nomor rekening, beberapa hari kemudian petugas menyampaikan bahwa uangnya sudah ditransfer dan menyarankan customer utk print/cetak rekening tabungan, bukan mengecek ke ATM krn di ATM tidak terlihat rincian uang yg masuk, hanya terlihat jumlah totalnya saja.
3) Jika mereka memandu kita lewat HP saat kita di ATM (dg alasan apapun), Pasti Penipu! dan dia akan memandu kita utk mengecek saldo kenudian mentransfer seluruh uang kita (setelah tau saldo kita).
4) Jika mereka meminta saat itu juga utk memberikan nomor rekening atau ke ATM (gak bisa ditunda besok bahkan tidak bisa ditunda beberapa jam lagi atau bahkan marah-marah, maka pasti itu penipu, hal ini sering dilakukan penipu spy orang yg ditipunya tidak sempat berpikir jernih. Telkomsel tidak mungkin membatalkan begitu saja hanya karena penundaan 1 atau 2 hari. Dan petugas Telkomsel tidak akan marah-marah kepada customernya krn ini perusahaan besar & profesional.
5) Call Center resmi Telkomsel hanya sbb:
133 => hanya bisa ditelpon dari kartu Halo
155 & 188 => hanya bisa ditelpon dari kartu Simpati/As
Jika ingin mengkonfirmasi ttg kebenaran hadiahnya, silahkan ke nomor itu, dijamin yg angkat pasti petugas Telkomsel. Kalau telpon ke nomor lain maka bisa jadi itu nomornya penipu.
6) Website resmi telkomsel hanya 1 yaitu: www.telkomsel.com , jika anda dikasih alamat web selain itu, pasti penipuan meskipun tampilannya menurut anda meyakinkan, misalnya spt web di bawah ini:
a) www.hadiah-undiantselpoin.blogspot.com
=> blok ini sdh saya laporkan dan sudah di blokir
b) pemenangtelkomselpoin-2015indonesia.blogspot.com/2015/02/daftar-pemenang.html
=> blok ini sedang saya laporkan, beberapa hari lagi pasti diblokir.

Note:
1) Jika anda tau ada website penipuan yg mengatasnamakan Telkomsel, laporkan ke salah satu akses Telkomsel di bawah ini supaya diblokir, supaya tidak ada orang lain yg jadi korban. Dg membantu menyelamatkan orang lain, insya Allah anda akan diselamatkan juga oleh Allah. Laporkan ke salah satu jalan di bawah ini:

e-mail: cs@telkomsel.co.id
web: http://my.telkomsel.com
Twitter: @Telkomsel
Fanpage: www.facebook.com/Telkomsel
Call Center: (no.5 di atas)
Kantor pelayanan Telkomsel terdekat (Grapari)

2) Jika anda tau ada nomor HP penipuan yg mengatasnamakan Telkomsel, laporkan ke Grapari (kantor pelayanan telkomsel) minta utk diblokir spy tdk ada orang lain yg jadi korban. Utk ini anda harus menunjukkan bukti isi sms penipuannya, jadi tdk bisa dilaporkan melalui call center.

B) Berikut ini beberapa keterangan bisa jadi acuan itu penipuan atau tidak:
1) Telkomsel memang pernah dulu sebelum tahun 2010 meminta nomor rekening ke pelangggan utk mentransfer uang undian Telkomsel poin 10jt (gak tau kalau sekarang masih minta nomor rekening atau tidak). Tapi Telkomsel tidak pernah meminta kita pergi ke ATM utk mengecek saldo apalagi memandu kita di dalam ruangan ATM utk menekan tombol-tombol menu di ATM, yg spt ini pasti penipu krn dia akan memandu kita utk mentransfer uang kita di ATM ke rekening mereka.

2) Utk hadiah yg tidak berbentuk uang (Mobil, HP, TV dll) Telkomsel tidak pernah meminta uang apapun termasuk ongkos kirim dll. Barang akan dikirim ke kantor cabang Telkomsel terdekat dg kota Anda dan Anda diminta mengambil sendiri ke sana.

C) Cara utk memastikan bahwa dia penipu atau bukan:
a) Cara ke-1:
1) Ingat-ingat/cari kantor cabang Telkomsel/Grapari/Gerai yg terdekat dg kota Anda (misalnya Pasuruan), lalu tanyakan ke dia seperti ini "Siapa yg bisa saya hubungi di kantor Telkomsel Pasuruan untuk memastikan benar tidaknya hadiah ini?" Kalau dia tidak bisa menyebutkan nama petugas di kantor Telkomsel tersebut, pasti penipuan. Jika memang dapat hadiah beneran, pasti dia akan minta waktu sebentar utk menghubungi Telkomsel Pasuruan lalu dia akan telpon Anda lagi dan meminta Anda datang ke kantor Telkomsel Pasuruan utk mengkonfirmasi perihal kebenaran hadiah tsb, dan petugas di kantor Telkomsel resmi tsb akan menjelaskan anda bagaimana caranya utk mengambil hadiah tsb. Biasanya kalau hadiahnya berupa barang, anda akan diminta mengambil di kantor cabang terdekat di kota Anda (misalnya di Pasuruan), dan kalau berupa uang hanya diminta nama & nomor rekeningnya saja atau mungkin fotokopi KTP juga.

2) Kalau anda tidak tau letak kantor cabang Telkomsel di kota Anda, coba tanyakan ke dia "Dimana letak kantor cabang telkomsel terdekat di kota saya? Dan saya bisa menghubungi siapa di situ?" Kalau dia tidak bisa/tidak mau menyebutkan atau dia tidak mau kita ke sana, pasti penipu.

b) Cara ke-2:
Cara ini pernah saya kerjakan, jika anda memilih mengerjakan cara ke-2 ini, dijamin anda akan yakin bahwa itu adalah penipuan dan dijamin anda tidak akan mudah kena tipu dg modus yg sama selama-lama-lamanya :D

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 57 tayangan
0 tanggapan 71 tayangan
0 tanggapan 316 tayangan
0 tanggapan 27 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...