Waspada Modus Penipuan Baru di Tokopedia

webhosting
222 tayangan
diinformasikan 29 Des 2015 dalam Penipuan Oknum Seller FJB oleh Nhak Gabus

Modus baru penipuan di tokopedia.com

Tidak selamanya bahwa toko besar sekelas tokopedia ini bisa dikatakan aman untuk berbelanja. Belanja online yang saat ini sudah menjadi trend Indonesia.

Namun sayangnya hal ini juga banyak dimanfaatkan oleh para penipu yang bergentayangan mencari mangsa di situs-situs online, toko online, forum jual beli dan banyak lainnya. Terutama model toko online yang memiliki banyak seller (penjual) atau dikatakan mall online.

Beberapa waktu lalu, sosial media sedang dihebohkan oleh penipuan online di Tokopedia. Dimana seorang pembeli melakukan pembelian handset BlackBerry terbaru di salah satu tokopedia. Kemudian membayarnya, namun barang tidak sampai ditangan pembeli.

Sebagaimana dikutip dari situs benysalim.com, si calon pembeli ini tertarik untuk memboyong BlackBerry Passport yang dijual di Tokopedia dan terjadi komunikasi mengenai ketersediaan stok barang tersebut. Setelah dikonfirmasi bahwa handset ready stok, kemudian calon pembeli (Beny Salim) melakukan proses pembelian dan melakukan pembayaran melalui Tokopedia.

Setelah pembayaran, pembeli mendapatkan pesan pribadi tentang adanya voucher diskon untuk transaksi berikutnya, dengan cara melakukan konfirmasi dengan mengirimkan Nama, Nomor handphone dan alamat email. Setelah itu, pembeli mendapatkan email verifikasi yang harus di click untuk mengaktivasi kode voucher, link ini diduga sebagai link palsu (phishing).

Setelah mendapatkan notifikasi tersebut, si pembeli keesokan harinya mendapat notifikasi bahwa pesanan telah diproses dan dikirim melalui jasa kurir JNE, namun kode resi tersebut tidak ditemukan dalam pencarian kode tracking JNE. Si pembeli juga kembali mendapat notifikasi bahwa barang telah diterima, padahal pembeli sama sekali belum menerimanya. Setelah melakukan komplen kepada Tokopedia, CS di Tokopedia sendiri mengatakan bahwa kemungkinan akun Tokopedia pembeli telah diretas oleh penipu.

Dan yang anehnya lagi, si pembeli melakukan review terhadap barang yang dibeli tersebut, yang kemungkinan itu merupakan aksi dari penipu sendiri dengan menggunakan akun pembeli untuk membuat review positif tentang lapaknya di Tokopedia.

Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 105 tayangan
0 tanggapan 192 tayangan
0 tanggapan 482 tayangan
0 tanggapan 477 tayangan
0 tanggapan 284 tayangan
0 tanggapan 642 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...