Penipuan Go Pro Hero 4 Silver di OLX tanggal 19 Januari 2016

webhosting
102 tayangan
diinformasikan 19 Jan 2016 dalam Penipuan Toko Online oleh Rio Chandra

Bismillahirrahmaniraahim

Assalamualiakum wr wb

Selamat malam, perkenalkan saya Rio Chandra salah satu mahasiswa di Universitas di Kota Malang. Sebelumnya izinkan saya sedikit menceritakan kronologis penipuan yg menimpa diri saya. 

Saya berniat untuk membeli Go Pro Hero 4 Silver di OLX (tggl 18 Januari 2016) dan saya mendapatkan salah satu penjual atas nama Aris/Arish. Setelah berbincang lama saya meminta foto KTP penjual dan sayapun mengirkmkan foto KTP saya. Setelah itu saya sepakat untuk membeli dan sudah mentransfer uang sebesar Rp 3.500.000 ke rekening atas nama Dadang Jatnika (disini saya sudah curiga, namun katanya rekening adiknya) dengan nomor Rekening Bank Mandiri 101 00 0715571 2 (tanggal 19 Januari 2016) lalu penjual mengatakan bahwa uang yg saya transfer belum masuk namun pada laporan m-banking saya sudah jelas nyata bahwa transaksi tsb berhasil (saya akan melampirkan buktinya). Penjual tidak memberikan bukti administratif apapun bahwa uang yg saya transfer belum masuk dengan alasan jika print buku tabungan jarak rumahnya jauh (jarak rumah dengan bank 40 km, luar biasa!), lalu penjual mengatakan sedang diluar kota, dan tetap ngotot bahwa uang yg saya transfer belum masuk namun tidak ada itikad baik untuk membuktikan bahwa belum masuk. Selain itu penjual juga berusaha menelpon saya dan cenderung menggunakan nada tinggi untuk meyakinkan saya kalau uang nya belum masuk. 

 

Ada beberapa kecurigaan disini :

1. Lokasi penjual pada iklan berbeda dengan lokasi tempat tinggal penjual. Lokasi penjual di Banjarmasin sesuai KTP yg diberikan. Namun di OLX juga ditemukan 3 iklan yg sama dengan lokasi yg berbeda (akan saya lampirkan) yakni di Gorontalo, Jombang dan Biak Numfor Papua.

2. Sebagai penjual yang menyatakan bahwa transferan pembeli belum masuk malah berusaha menelpon dan meyakinkan pembeli kalau belum masuk namun tanpa bukti administratif dan sampai skrg belum diberikan.

3. Penjual mengaku membeli kamera tersebut di Toko Roxy yang padahal itu adalah toko baju  wanita yg berfokus pada fashion pantai atau surfing.

4. Penjual tidak paham dengan perbincangan jenis2 paket pengiriman JNE contohnya adalah paket YES penjual juga kurang memahami spesifikasi pada kamera tsb padahal sudah menggunakannya selama hampir 4 bulan.

5. Dan yang paling mencurigakan adalah ketika saya meminta foto ktp atas nama Dadang, buku rekening atas nama Dadang dan bukti mutasi/transaksi rekening tsb untuk meyakinkan saya bahwa uangnya memang belum masuk, namun sampai sekarang penjual tidak memberikannya dan cenderung tidak menghuraukan permintaan saya itu.

 

Semoga masyarakat lebih cerdas dan berhati-hati dalam membeli barang di toko online. Dan semoga para pelaku tindak kejahatan seperti ini dapat diadili oleh pihak yang berwajib dan disadarkan oleh Tuhan atas perbuatannya.

Selamat malam,

Wassalamualaikum wr wb

Rp 3.500.000
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 59 tayangan
0 tanggapan 109 tayangan
0 tanggapan 163 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...