Tips Ampuh Agar Tak Tertipu Beli Handphone Bekas

webhosting
166 tayangan
diinformasikan 19 Okt 2015 dalam SHARING PENGALAMAN oleh salfarsingh
Beli HP baru tak terjangkau HP second pun jadi. HP second menjadi pilihan utama bagi kita yang tak cukup budget untuk membeli HP anyar. Tapi yang namanya HP second pasti seringkali terjadi penipuan. HP jelek seringkali dibilang bagus. Apalagi sekarang penjualan HP bekas di medsos semakin mewabah. Nah supaya kita tak tertipu, di bawah ini ada cara atau sekedar mencegah agar kita tak tertipu saat membeli HP bekas.
1.     Bandingkan Harga Pasaran
Cek dulu harga pasaran. Caranya dilihat dari seri ponsel yang akan kita beli. Caranya mudah, tanyakan saja pada mbah google di internet.
Kita jangan terburu-buru menerima tawaran yang ditetapkan penjual yang seolah-olah harga rendah. Cek dulu sana-sini. Karena bisa jadi kondisi HP tersebut tidak baik. Carilah Hp Android second yang ditawarkan dengan harga awal yang sesuai harga pasaran.

2.     .Periksa Kelengkapan
Jika ada HP yang cocok, harga sesuai, tahan dulu jangan buru-buru pulang dari penjual Hp. Periksa dulu kelengkapan Hp seperti charger, kabel HDMI, headset dan kelengkapan lainnya. Kelengkapan tersebut sudah ada secara default. Kelengkapan default tersebut bisa memaksimalkan Hp kita dengan baik.

3.     Periksa Garansi
Ini penting ditanyakan untuk mengetahui sampai kapan kartu garansari masih berlaku. Kalau tidak ada tanyakan mengapa. Sebab bisa jadi Hp tersebut sudah dibongkar di luar dealer resmi sehingga kartu garansi menjadi tidak laku. Harga Hp dapat dipengaruhi oleh masih ada atau tidak adanya kartu garransi.

4.     Periksa Nomor Imei
Cara mengeceknya dengan menekan *#06# lalu call atau yes. Atau lihat pada kardus kemasan penjualan lalu samakan, atau bisa juga dengan memeriksa stiker imei pada bagian belakang perangkat dekat batrai.

5.     Periksa Kondisi Fisik
Lihat dengan seksama apakah Hp second yang kita beli mulus tanpa goresan, lihat juga label stiker hologram di bagian belakang Hp untuk memastikan apakah sudah diservis atau belum. Tak kalah penting juga periksa batrainya. Apakah terdapat penggelembungan yang bisa membuat batrai bocor. Jika ada penggembungan lebih baik minta diganti dengan yang baru dan original. Pentingnya memeriksa kondisi fisik ini untuk mendapatkan kesesuaian harga, karena semakin banyak cacat pada bodi hp akan berpengaruh kepada harga perangkatnya, sehingga harga hp tersebut sebenarnya sangat rendah.

6.     Periksa Sensor, Kelengkapan Fitur dan Software
araTak hanya kondisi bodi, kondisi dalemannya juga harus diperiksa. Caranya cobalah dulu seluruh sensor, fitur dan software yang terdapat pada Hp yang ingin kita beli. Bila semuanya Oke berarti Hp tersebut kondisinya sehat, jika tidak maka segera tinggalkanlah dan segera menelusuri Hpsecond yang lain.
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 79 tayangan
0 tanggapan 103 tayangan
0 tanggapan 229 tayangan
0 tanggapan 47 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...