PENIPUAN Atas Nama Galih Fajar Pamungkas Bank Mandiri 006-000-9707-658

webhosting
30 tayangan
diinformasikan 2 Okt dalam Penipuan Toko Online oleh Adelina Kumala Sari

BERIKUT ADALAH SURAT KRONOLOGIS KEJADIAN YANG SAYA BERIKAN KEPADA PIHAK BANK BCA DAN MANDIRI

Pada tanggal 28 September 2017 pukul 18.56 saya menyapa seorang penjual di aplikasi jual beli online Carousell dengan nama akun steveprlvd. Saya berniat untuk menanyakan apakah telepon genggam yang ia jual masih ada atau tidak, karena saya sedang mencari telepon genggam yang memiliki memori lebih besar. Telepon genggam yang ia jual adalah iPhone 6s Plus dengan memori 64 GB dan berwarna Rose Gold. Telepon genggam itu adalah barang second. Harga yang ditawarkan terbilang jauh di bawah harga pasaran, maka dari itu saya tertarik untuk membeli namun juga ada rasa curiga yang muncul. Telepon genggam dengan spesifikasi seperti itu biasanya dijual di kisaran harga Rp 5,500,000 sampai Rp 7,000,000 tergantung dengan kelengkapan yang masih ada dan keadaan fisik telepon genggam itu sendiri. Ia mengatakan bahwa ia sedang BU atau butuh uang dan ia sudah memiliki telepon genggam lain, yaitu iPhone 7, sehingga ia menjualnya dengan harga yang di bawah pasaran agar cepat laku. Ia juga menambahkan bahwa struk pembelanjaan dan earphone sudah hilang, sehingga ia menjual murah telepon genggam tersebut. Lokasi penjual yang berada di Ciamis, Jawa Barat sempat membuat saya ragu karena tidak memungkinkan bagi kami untuk melakukan metode Cash On Delivery (COD), sehingga pastinya harus transfer melalui bank dan barang dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

Sejak itu, saya bertanya banyak hal pada penjual. Mulai dari kelengkapan, foto-foto telepon genggam tersebut dari tiap sisi, lama pemakaian, jenis garansi, tempat membeli, negosiasi harga, dan kondisi fisik telepon genggam. Saya juga beberapa kali menanyakan kondisi fisik telepon genggam, untuk merasa lebih yakin. Saya juga sempat menanyakan barang jualan yang lain, yaitu tas bermerk Chanel, namun tidak saya lanjuti. Saya lalu diminta untuk mengisi nama, alamat, dan nomor telepon untuk pengiriman. Sebelum saya menuliskan kontak, saya mengajak penjual untuk bertransaksi lewat jasa rekber.id. Saya pikir agar transaksi lebih aman karena dana tidak akan dicairkan jika pembeli belum menerima barang yang dipesan. Penjual menolak karena ia sedang sangat butuh uang dan berkata bahwa jasa rekber.id akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencairkan dananya. Saya lalu meminta kontaknya, lalu ia memberikan nomornya, yaitu 082112780674. Setelah itu, saya tidak lagi bertanya-tanya lewat aplikasi Carousell, saya berpindah ke aplikasi WhatsApp karena lebih nyaman dan mendapatkan notifikasi jika ada pesan baru.

Di aplikasi WhatsApp saya kembali meminta penjual untuk meyakinkan saya untuk membeli barangnya. Sebelum saya mentransfer uangnya, saya berkata bahwa saya akan memblokir rekeningnya jika barang saya tidak dikirimkan keesokan harinya, yaitu hari Sabtu tanggal 30 September 2017. Ia lalu setuju dengan permintaan saya. Saya akhirnya bertransaksi menggunakan m-Banking BCA pada hari Jumat, 29 September 2017 pukul 19:13:31. Saya mengirim uang sejumlah yang penjual minta yaitu Rp 4,011,000 ke rekening Bank Mandiri dengan nomor 0060009707658 atas nama Galih Fajar Pamungkas. Ia berkata bahwa besok pagi jam 9 atau 10 akan dikabari. Keesokan harinya ia memberikan banyak alasan untuk tidak mengirim telepon genggam yang telah saya beli, antara lain JNE tutup dan sedang acara keluarga sehingga tidak bisa berpergian. Lalu pada pukul 16.23 penjual berkata bahwa semua JNE di Ciamis tutup sehingga ia menawarkan untuk mengirimkannya di hari Senin dan bersedia untuk mengupgrade jenis pengirimannya menjadi YES atau Yakin Esok Sampai, sehingga jika dikirim pada hari Senin, maka di hari Selasa paket tersebut pasti sampai di alamat saya.

Saya lalu baru dapat membalas pesan di WhatsApp pada pukul 18.11 karena baru saja bangun dari tidur sore. Sejak saat itu, penjual tidak pernah membalas pesan saya lagi, baik di WhatsApp maupun aplikasi Carousell. Hingga saat ini, last seen penjual adalah hari Sabtu pukul 16.23, waktu di mana terakhir ia mengabarkan bahwa tidak ada JNE yang masih buka dan menawarkan untuk mengirim paketnya di hari Senin. Pesan di WhatsApp yang terakhir kali dapat terkirim atau bercentang 2 adalah pada hari Minggu pukul 15.57. Setelah itu, pesan saya tidak terkirim atau hanya tercentang 1. Saya juga sempat berusaha menghubungi beliau melalui SMS namun tidak dibalas. Saat ditelpon pun tidak diangkat dan dibalas oleh operator “Nomor yang Anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan.”

Sampai saat ini kontak WhatsApp saya belum diblokir oleh ia karena saya masih dapat melihat last seen penjual. Di aplikasi Carousell pun masih ada iklan yang ia buat, yaitu ada tiga iklan dan nama akunnya pun belum berubah, masih tetap steveprlvd dan akun tersebut juga tidak hilang/suspended. Saya sudah meng-screenshot semua bukti-bukti percakapan, transaksi, serta iklan penjual.

Dengan pertimbangan atas kejadian ini, saya memutuskan untuk menghubungi pihak Bank BCA agar menjadi pihak ketiga antara saya dengan penjual ini, supaya saya bisa menghubungi dan meminta keterangan serta meminta uang saya untuk dikembalikan. Mohon bantuan dan kerjasamanya supaya masalah ini bisa segera diselesaikan.

NOMOR TELEPON PENIPU: 082112780674 -> Saat dicek nomor telepon tersebut berada di JAKARTA bukan CIAMIS.

Setelah saya melakukan beberapa riset di Google, saya menemukan akun Twitter dengan nama pengguna @_galihfajar. Saya melihat foto-foto yang berada di akun tersebut dan ada beberapa foto bukti transfer dari Bank Mandiri dengan nomor rekening yang sama seperti nomor rekening yang diberikan penjual kepada saya di Carousell, walaupun beberapa digit nomor disamarkan dengan X. Ternyata beliau masih anak SMA. Ya ampun, masih kecil udah tukang bohong ya, Dek. Makan tuh duit haram :)

4.011.000
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

1 tanggapan 189 tayangan
0 tanggapan 197 tayangan
1 tanggapan 2,162 tayangan
0 tanggapan 652 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...