Ini Razia Resmi Atau Gadungan?Begini Cara Membedakannya

webhosting
300 tayangan
diinformasikan 27 Okt 2015 dalam Layanan Masyarakat oleh ADMINISTRATOR Admin

Tips ini sengaja kami bagikan karena banyaknya kasus yang dilatarbelakangi oleh ''razia gadungan'' yang dilakukan oleh oknum2 perusak nama baik institusi kepolisian republik indonesia.

Harap baca baik-baik Cara Membedakan Razia Polisi Resmi Dengan yang Gadungan.

Polisi melakukan razia itu berdasakan surat tugas dari kepala kesatuan.Jika mitra LP sedang berkendara dijalan dan menjumpai seorang polisi janganlah panik.Adalah hak setiap warga negara untuk menanyakan alasan penangkapan/penilangan.Tanyakan kepada petugas kepolisian yang bersangkutan mengenai surat tugas razia,jika memang razia itu resmi maka petugas tersebut mampu menunjukkan surat tugas razia yang ditandatangani oleh kepala satuan setempat.

Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar mengimbau masyarakat untuk lebih teliti ketika pihak Kepolisian melakukan razia. Sebab pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan yang resmi dapat dilakukan atas dasar perintah atasan.
“Kalau resmi ada surat perintah operasi (razia) sehingga jelas kapan waktu, tempat dan biaya yang dikeluarkan. Terorganisir dan terstruktur. Terus ada sasarannya,” ungkapnya, Kamis (26/3/15) dikutip dari merdeka.com
Warga yang bingung dengan adanya razia kendaraan bisa menanyakan mengenai surat perintah pengadaan operasi. Sebab pihak berwenang tidak boleh menyembunyikan hal tersebut dari masyarakat.
“Tanyakan aja ‘ini operasi atau apa pak?’ Tidak ada rahasia,” tegasnya.
Namun, Bambang menambahkan, seseorang polisi tetap harus bertindak saat mengetahui adanya pelanggaran. Hal ini tidak perlu membutuhkan surat perintah.
“Kalau polisi bekerja dan menemukan kekeliruan itu dilakukan penindakan. Wajib menindak kalau tidak malah keliru,” tutupnya.
Sedangkan Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono menambahkan, pihak kepolisian memiliki wewenang untuk melakukan razia sehingga semua operasi kendaraan yang dilakukan adalah resmi.
“Semua razia yang dilakukan oleh petugas Kepolisian RI resmi,” katanya melalui pesan singkat yang dikirim via redaksi merdeka.com.

 

dikomentari 27 Okt 2015 oleh petruk
Terimakasih informasinya pak.Bermanfaat sekali ketika sedang berpergian dijalan raya.
Bagikan laporan ini

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 tanggapan 29 tayangan
0 tanggapan 100 tayangan
0 tanggapan 286 tayangan
1 tanggapan 1,279 tayangan
0 tanggapan 65 tayangan
0 tanggapan 395 tayangan
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai macam informasi berita kriminal (cyber crime) yang terjadi dan melanda di dunia maya internet. Terima kasih atas kontribusi semua di media sosial online ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...